Ratusan Elemen Masyarakat Bali Deklarasi Penggunaan Bahasa Negara

DSC_2648JP, Denpasar – Ratusan elemen masyarakat yang terdiri dari unsur pelajar, TNI/Polri, Tokoh Masyarakat serta masyarakat umum, Rabu (12/7 menghadiri Deklarasi Gerakan Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik yang digelar di Halaman Timur Monumen Bajra Sandhi.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha sangat mengapresiasi gerakan Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik. Hal ini kata Pastika sangat penting dan strategis karena gerakan ini akan berimplikasi pada peningkatan eksistensi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara.

Sementara, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa  Kementerian Pendidikan dan Budaya RI Prof. Dr Dadang Sunendar, menyampaikan tidak banyak negara yang menggunakan bahasanya sendiri. Namun hampir 90% diantaranya menggunakan bahasa negara lain. Namun lain halnya dengan Indonesia yang memiliki bahasa kebangsaan sendiri. Untuk itu seluruh masyarakat patut berbangga dan melestarikannya. Caranya adalah dengan menggunakan bahasa Indonesia setiap saat di ruang publik.  JP-ARI

LEAVE A REPLY

ten + seventeen =