Rumah Eks PM Malaysia Najib Razak Digeledah Terkait Kasus 1MDB

polisi-berjaga-di-luar-kediaman-najib-razak-di-kuala-_180517004402-802JurnalPatroliNews KUALA LUMPUR – Polisi Malaysia menggeledah rumah mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Kamis pagi waktu setempat.

Tak hanya kediaman Najib, polisi juga melakukan penggeledahan di kantor perdana menteri, kediaman resmi dan dua tempat tinggal kerabat Najib di sebuah kondominium mewah di Kuala Lumpur.

Setidaknya selusin polisi bersenjata memasuki rumah Najib pada hari Rabu setelah ia kembali dari sembahyang di masjid.

Pencarian di rumah keluarga itu berlanjut sampai pukul 2 pagi (waktu setempat), hampir 12 jam setelah selusin polisi bersenjata pertama kali memasuki tempat itu dan terlihat membawa tas-tas besar ke dalam rumah dan kemudian memasukkannya ke dalam truk.

“Penggeledahan itu seharusnya di bawah aturan pencucian uang,” kata pengacara Najib, Harpal Singh Grewal kepada wartawan.

Ia mengatakan polisi mengambil sejumlah barang-barang pribadi termasuk beberapa tas tangan.

“Tidak ada yang serius. Sekitar dua, tiga kotak,” kata Harpal.

Perdana menteri baru, Mahathir Mohamad, sebelumnya mengatakan bahwa ia berniat membuka kembali investigasi korupsi terhadap mantan sekutunya itu.

Najib menyangkal telah melakukan kesalahan apapun.

Pihak imigrasi melarang Najib dan istrinya meninggalkan Malaysia pada Sabtu lalu, ketika Najib hendak terbang ke Jakarta.

Najib telah sejak lama didera tuduhan korupsi terkait dana investasi negara yang ia dirikan, 1MDB.

Pada 2015, ia dituduh mengantongi sekitar $700 juta (sekitar Rp1 triliun) dari dana tersebut, tapi kemudian dinyatakan tak bersalah oleh aparat. (dai)

LEAVE A REPLY