Sekjen PPP Komentari Amien Rais Soal Maju Sebagai Capres di Pilpres 2019

q6GZ89jadi-dk-pbb-sekjen-ppp-sebut-berkat-gemilangnya-diplomasi-jokowiJurnalPatroliNews JAKARTA – Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menilai salah satu alasan atas rencana Amien Rais maju sebagai calon presiden (capres) adalah untuk menaikkan elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN) yang dia dirikan.

“Bisa dimaknai dua hal, yaitu pernyataan ikhtiar serius dan hanya sekedar ikhtiar untuk menaikkan elektabilitas PAN di Pemilu 2019,” ujar Arsul kepada wartawan, Senin (11/6).

Amien, kata Arsul, tengah menerapkan teori efek ekor jas di mana pencalonan tokoh partai pada jabatan Presiden atau Wapres akan memberikan dampak elektoral yang positif bagi partainya.

Efek elektoral dari penerapan teori ini pernah terjadi kepada Partai Demokrat yang mencalonkan Susilo Bambang Yudhoyono pada Pilpres 2009 lalu.

“Nah di Indonesia kan kalau kita lihat juga ada ‘efek ekor jas’ tersebut. Misalnya pencalonan SBY pada Pilpres 2009 memberikan efek elektoral kepada Partai Demokrat,” terangnya.

Termasuk juga dengan kondisi saat ini, pencapresan Joko Widodo dan Prabowo Subianto mengindikasikan coat tail effect yang dinikmati PDIP dan Gerindra, menurut berbagai hasil jajak pendapat.

“Saya melihat Pak Amien Rais sedang mencoba peruntungan itu, dan mengapa bukan Pak Zul (Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan) ya? Karena daya jual Pak Amien paling tidak di lingkungan kelompok Islam tertentu — harus diakui — lebih tinggi,” terangnya.

Oleh karena itu, ia pun tidak melihat rencana Amien tersebut sebagai pernyataan yang serius dalam hal pemilihan presiden (pilpres). Terlebih menurutnya, Partai Gerindra dan PKS diperkirakan tidak akan menerima jika yang maju sebagai capres dari koalisi mereka adalah Amien.

Sebab, menurutnya, Amien tidak akan bisa menjadi tokoh Islam meski mendapatkan predikat sebagai tokoh reformasi.

“Meskipun Amien Rais dinobatkan sebagai tokoh reformasi, tapi kebesaran dirinya tidak pernah terbangun melewati kelompok asalnya sendiri. Amien Rais tidak pernah bisa dan tidak akan pernah bisa bahkan menjadi tokoh Islam bagi mayoritas kelompok Islam,” tandasnya. (dai)

LEAVE A REPLY