Selama Ramadhan dan Lebaran 2018, Pertamina Tambah Pasokan Gas Elpiji 3 Kg

elpiji okJurnalPatroliNews JAKARTA – PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan gas elpiji 3 kilogram selama Ramadhan dan Lebaran 2018. Pertamina menambahkan stok gas elpiji hingga empat persen dari kebutuhan elpiji rata-rata harian untuk mengantisipasi kebutuhan yang meningkat selama Ramadan.

Vice President Gas Domestik Pertamina Kusnendar mengatakan jumlah tersebut mengacu pada penambahan stok gas elpiji menjelang Ramadan 2017. Tahun lalu, Pertamina meningkatkan pasokan gas elpiji hingga 2,7 persen.

“Tahun ini kita siapkan sampai 4 persen,” ujar Kusnendar dalam konferensi pers di Gedung Pusat Pertamina, Jakarta Pusat, Rabu, (16/5).

Untuk berjaga-jaga, kata Kusnendar, tahun ini Pertamina akan melebihkan penambahan hingga sekitar 1 persen. Dengan demikian, total penambahan 4 persen dari konsumsi pada umumnya.

“Jadi kita kasih toleransi dari yang sudah-sudah,” ucapnya.

Meski begitu, sepekan sebelum lebaran, Pertamina memprediksi ada lonjakan yang lebih lagi dari konsumsi harian. Pertamina memprediksi kenaikan itu bisa mencapai 17 persen dari konsumsi sehari hari.

“Pick-nya itu, kurang lebih 17 persen. Dari tahun ke tahun itu biasanya 13 persen. Sekarang kita antisipasi 1 pekan sebelum lebaran, average kita siapkan 17 persen,” ujar Kusnendar.

Sementara itu, VP Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito memprediksi puncak penggunaan LPG terjadi pada minggu terakhir Ramadhan sebanyak 27.000 metrik ton.

Kemudian dari sisi distribusi, Pertamina akan menyiagakan 3.094 agen elpiji subsidi dan non subsidi serta 31.612 pangkalan Elpiji subsidi di seluruh Indonesia.

“Kita juga akan menyiagakan 49 SPPBE Kantong di Pulau Jawa untuk memastikan kelancaran pasokan Elpiji selama arus mudik,” pungkas Adiatma. (dai)

LEAVE A REPLY