Siaga I, Polri-TNI Tingkatkan Pengamanan di objek Vital DKI Jakarta

argoyendhiJurnalPatroliNews JAKARTA – Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono menyatakan perlunya peningkatan pengamanan di objek vital di ibukota. Hal ini menyusul status siaga I di jajaran kepolisian wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Kapolda Metro menyatakan siaga satu untuk jajarannya sampai tingkat Pospol (Pos Polisi). Jadi dari Polda, Polres, dan Polsek sampai Pospol (dijaga oleh petugas bersenjata). Artinya siaga satu dilakukan oleh polisi adalah meningkatkan kewaspadaan terutama kepada orang-orang yang masuk ke kantor polisi,” beber Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (14/5).

Peningkatan pengamanan, ujarnya, dilakukan dengan patroli dan pengecekan pintu di tempat-tempat ibadah.

“Dari siaga 1 ini juga, selain sudah menempatkan beberapa personel di objek vital, nanti kita juga akan mempertebal dengan patroli. Kita intensifkan kegiatan tersebut. Objek vital juga kita lakukan ditempat-tempat ibadah, pengecekan maupun penjagaan,” katanya.

Kendati demikian, Argo enggan menyebut jumlah personel kepolisian yang akan dikerahkan dalam penetapan status Siaga Satu di Jakarta.

“Tidak bisa saya sampaikan untuk jumlah personel,” ujar Argo

Yang jelas, kata Argo, polisi sudah melakukan koordinasi dengan TNI untuk mengamankan Jakarta. Kedua lembaga itu akan melakukan patroli gabungan di Jakarta.

“Kemudian dengan siaga satu kita akan melakukan patroli bersama TNI. Sudah kita lakukan tadi malam dan kita nanti akan kita lakukan dari tingkat Polda, Kodam, Polres, polsek dan koramil. Nanti kita bersatu padu akan melaksanakan,” tambah Argo.

Lebih lanjut Argo juga mengajak masyarakat berpartisipasi membantu kepolisian mencegah tindakan terorisme di Jakarta.

“Kita juga merangkul masyarakat dalam mengawasi, jangan sampai Jakarta kita yang tercinta ini disusupi orang-orang tidak bertanggung jawab,” ujar Argo. (dai)

LEAVE A REPLY