Singapura Keluarkan Dana Hingga Rp 209 M Untuk KTT Trump-Kim

180105-dahului-trump-kim-jong-un-telah-bertemu-pm-singapura-largeJurnalPatroliNews SINGAPURA – Dana yang dikeluarkan Singapura untuk menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi (KTT) bersejarah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mencapai 20 juta dolar Singapura atau sekitar Rp 209 miliar.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong seperti dikutip laman The Strait Times menyebut angka itu sebagai kontribusi Singapura untuk dunia internasional yang juga menjadi kepentingan nasional Singapura.

“Itu harga yang sanggup kami keluarkan,” kata dia seraya menyatakan separuh dari dana itu untuk pengamanan dua kepala negara.

Lee menyebut KTT itu sebagai peristiwa besar karena akan dikunjungi wartawan yang meliput dan jumlah personel keamanan.

“Syarat keamanan jauh lebih besar dari pada pertemuan sebelumnya karena gengsi pertemuan ini dan wujud dari apa yang dibahasnya,” sambung Lee.

Tidak hanya melibatkan berlapis-lapis pengamanan polisi di sekitar lokasi pertemuan, tetapi juga perlindungan 24 jam dan menyeluruh di udara, laut, dan darat, dari kemungkinan sabotase dan serangan.

“Oleh karena itu ini adalah operasi sangat besar karena merupakan pertemuan tingkat tinggi dan kami tak bisa menoleransi kesalahan sedikit pun,” kata Lee.

Angka 20 juta dolar Singapura itu masih terbilang kecil jika dibandingkan dengan 150 juta dolar Singapura (Rp 1,56 triliun) yang dikeluarkan untuk menggelar balap Formula One edisi tahun lalu.

Namun tetap itu membuat warga Singapura membelalakkan matanya yang harus menghadapi kenyataan tidak boleh sembarangan masuk ke area KTT.

Menepis kekhawatiran itu, Lee berkilah bahwa KTT ini tidak saja kerja pemerintah, namun kerja seluruh elemen rakyat Singapura. (Ant/dai)

LEAVE A REPLY