Taliban-Afghanistan Lakukan Gencatan Senjata Selama Idul Fitri

spiritriau_Taliban-Afghanistan-Sepakat-Gencatan-Senjata-Saat-Idul-FitriJurnalPatroliNews KABUL – Kelompok militan Taliban mengumumkan gencatan senjata dengan pasukan Afghanistan tiga hari selama Idul Fitri. Ini dilakukan setelah pemerintah mengeluarkan pengumuman serupa.

Para militan juga menambahkan bahwa gencatan senjata ini tidak berlaku bagi pasukan asing. Operasi untuk melawan pasukan asing akan tetap berlanjut dan mereka akan tetapi bersiaga untuk membela diri apabila ada serangan.

“Seluruh mujahidin diarahkan untuk menghentikan operasi serangan terhadap pasukan Afghan untuk tiga hari pertama Idul Fitri,” demikian pernyataan Taliban via aplikasi chat WhatsApp seperti dikutip AFP.

“Tapi jika mujahidin diserang, maka kami akan mempertahankan (diri) dengan kuat,” imbuh pernyataan itu.

Sebagaimana diketahui, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengumumkan gencatan senjata tanpa syarat dengan Taliban hingga 20 Juni, bertepatan dengan berakhirnya masa puasa di bulan Ramadan atau jelang Idul Fitri.

Keputusan ini dibuat setelah para ulama melakukan pertemuan untuk membuat fatwa tentang serangan Taliban. Mereka merekomendasikan gencatan senjata dengan Taliban yang berusaha menerapkan hukum Islam di negara tersebut. Ghani pun mendukung rekomendasi itu.

“Gencatan senjata ini adalah kesempatan bagi Taliban untuk melakukan introspeksi diri dan menyadari bahwa kampanye kekerasan yang mereka lakukan selama ini tidak memenangkan hati atau pikiran mereka, namun malah semakin mengasingkan mereka,” kata Ghani melalui Twitternya.

Kebijakan baik itu diumumkan beberapa hari setelah pertemuan ulama Afghanistan di Kabul. Namun beberapa jam setelah hal itu diumumkan, ada serangan bom bunuh diri di luar gedung pertemuan yang menewaskan tujuh orang. (dai)

LEAVE A REPLY